Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis TIK

Berita Oleh Drs. Ariasdi

 

Ariasdi dalam pelatihan Media Pembelajaran Berbasis TIK di SMKN 1 Lintau. Materi pelatihan Animasi Flash untuk bahan ajar.

SMKN 1 Lintau Buo. Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat selangkah lebih maju dari sekolah menengah yang sederajat di daerahnya karena telah malaksanakan Pelatihan Media Pembelajaran berbasis TIK. Materi inti berupa pemaketan media pembelajaran interaktif dengan Flash tersebut diberikan oleh narasumber Ariasdi, Widyaiswara TIK LPMP Sumatera Barat.

Pelatihan dua hari tersebut diikuti 24 orang peserta dari berbagai sekolah yang berdekatan, seperti SMAN 2 Lintau Buo dan SMPN 4 Lintau Buo, dibuka langsung oleh Kepala Sekolah penyelenggara, Drs. Wirman MPd.

Kepala Sekolah SMKN1 Drs. Wirman, MPd. (kiri) didampingi Wakilnya, Suprianto, MT.

“Banyak kemudahan yang didapat jika seorang guru mempergunakan media pembelajaran berbasis TIK ini dalam mempermudah proses belajar mengajar. Namun dalam proses pembuatannya memang diperlukan keahlian yang harus dilatih. Untuk itulah kita mendatangkan narasumber profesional untuk membuka cakrawala kita dalam membudayakan pembuatan media tersebut”, demikian Kepala Sekolah dalam sambutannya.

Flash sampai saat sekarang masih menjadi salah satu software yang cukup fleksibel untuk membuat media pembelajaran interaktif. Baik sebagai perancangan interface, animasi hingga simulasi. Apalagi  belum adanya opensource sejenis yang menyetarai kemampuan Flash, apalagi mengunggulinya, demikian Rusmanto, redaktur InfoLinux dalam Seminar Open Source & Demo Linux yang diadakan di Padang pada tanggal 4 Desember 2010.

Animo peserta dalam menerima pengalaman baru mengolah multimedia pembelajaran.

Pelatihan yang direncanakan berakhir pada pukul 16.00 WIB tersebut malah diperpanjang hingga pukul 17.00 WIB karena antusias peserta begitu tinggi.

“Insya Allah, pelatihan seperti ini akan kita laksanakan secara berkala di SMKN 1 Litau Buo ini. Mudah-mudahan sekolah kita menjadi salah satu Pusat Pembelajaran TIK di Kabupaten Tanah Datar ini di masa yang akan datang,” kata Kepala Sekolah dalam penutupannya.

Suasana santai tetap dijaga agar pelatihan terasa rileks dan menyenangkan.

Diskusi semakin hangat ketika peserta menemui beberapa kendala dalam menyalurkan ide yang akan diolah kedalam Flash.

Semoga keterampilan yang didapat bermanfaat untuk semua peserta. Sampai bertemu lagi di pelatihan-pelatihan selanjutnya.

–oOo–

7 thoughts on “Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis TIK

  1. Selamat dan sukses selalu buat pak guru dan buk guru Lintau Buo, semoga ilmu yang diperoleh dapat meningkatkan gairah belajar dan mengajar.

    Wassalam,
    Zulfikri.
    mantan guru STM Muhammadiyah Padang (1980-1996)

  2. Selamat dan sukses kpd teman-teman SMK 1 Lintau, dn nterima ksh kepada Pak Ariasdi (team kita kita dulu pada Pelatihan ICT di Pangeran City 2008)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s