Lomba Multimedia Pembelajaran 08

1.       Pembukaan

Departemen Pendidikan Nasional, melalui Direktorat Pengembangan SMA akhirnya mengumumkan daftar nominator Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran Berbasis TIK tahun 2008. Para peserta yang dipanggil untuk klarifikasi karya, presentasi dan perbaikan ke  Hotel Grand Jaya Raya,  Jalan Raya Puncak Km. 17 Cipayung Bogor – Jawa Barat terdiri dari:

1.       Ardiansyah Paramita S.Hut SMA Insan Kamil Bogor

2.        Joko Triyono SMAN 1 Prembun Kebumen

3.       Andi Prabowo, S.Pd SMAN 1 Singorojo

4.       Sukaryadi, S.Pd SMAN 1 Karanggede

5.       Ari Hendriayana SMA Mardisiswa Semarang

6.       Chandra Tri Handoko, S.Pd SMAN 1 Salatiga

7.       Nur Rokhman, S.Pd SMAN 1 Kramat

8.       Suwarji, S.Pd SMAN 1 Simo Boyolali

9.       Drs. Siswanto, M.Pd SMAN 14 Semarang

10.    Kuncoro Puji Raharjo SMA Taruna Nusantara

11.    H. Heri Istiyanto, S.Si SMA Kolese De Brito

12.    Nina Tri Daniati, S.Pd SMAN 1 Sleman

13.    Suyud, S.Kom SMA Immersion

14.    Heru Suseno, S.Pd SMAN 2 Madiun

15.    Budi Djoko Chrismanto SMA Kr Petra Surabaya

16.    Drs. Yuli Admaji SMA Mahaputra

17.    Anim Hadi Susanto, S.Pd SMAN 1 Geger Madiun

18.    Dra. Wahyu Widiastuti SMAN 3 Malang

19.    Ahmad Syukri SMAN 1 Panyabungan Utara

20.    Drs. Ariasdi SMAN 1 X Koto Singkarak – Sumatera Barat

21.    Tajudin, S.Pd SMAN 1 Kotagajah

22.    Ismuji, S.Pd SMA Yayasan Pupuk Kaltim

23.    Bagyo Priono, S.Pd SMA Yayasan Pupuk Kaltim

24.    Adi Suwito, S.Pd SMA Yayasan Pupuk Kaltim

25.    Dra. Herfen Suryati SMA YP Vidya Dahana Patra

26.    Ariani SMAN 3 Bontang SMA YPK Bontang

27.    Abdul Malik, M.Pd SMAN 2 Amlapura

28.    I Nyoman Pasek, S.Pd SMAN 1 Gunungsari

29.    I Made Narta Widianta, S.Pd SMAN 2 Kerkap

30.    Sucipto, S.Pd

 

Kegiatan yang dimulai pada hari Kamis hingga Minggu tanggal 4 sampai dengan 7 September 2008 tersebut bertepatan dengan minggu pertama puasa Ramadhan terasa ringan dilalui karena semangat peserta seperti tidak mengenal lelah dalam  menampilkan karya terbaiknya.

Direktur Direktorat Pembinaan SMA (Bapak Dr. Sungkowo M.), Kasubdit Program Direktorat Pembinaan SMA (Bapak Totok Suprayitno) serta Kasi Evaluasi & Pelaporan, Subdit Program Direktoran Pengembangan SMA (Bapak Ir. Gunardi Sihhatmanahadi) sebagai Pengarah, menjadikan ivent tahunan yang dimulai sejak 2004 tersebut semakin terasa hikmad dan sangat bersifat kekeluargaan.

Juri Teknis dan Materi, yang diundang dari Institut Teknologi Bandung (Drs. Indarsjah Titrawidjaya, ADG), PDII – LIPI (Hendro Subagyo, M.Eng), Pustekkom-Depdiknas (Drs. Ade Koesnandar, M.Pd), sangat bersahaja sekali, sehingga kompetisi sebesar itu jauh dari kesan persaingan. Apalagi pada tahun ini dilibatkan pula beberapa guru bidang studi yang ada di sekitar Bogor, seperti dari SMAN 5 Bogor (Drs. Asep Zaenal Rahmat, M.Pd), SMAN 1 Pamulang (Iis Nurhayati, S.Pd), SMAN 2 Bogor (Drs. Avyantini Soewarna) SMAN 2 Bogor, sebagai inspirator dalam memberi pertanyaan dan (lebih banyak) masukan seputar aspek desain pembelajaran kepada peserta pada saat pertanggungjawaban karya.

Di samping presentasi di hadapan Dewan Juri, peserta lomba juga diwajibkan untuk mempresentasikan media pembelajaran yang telah dirancang tersebut di hadapan perwakilan siswa SMA yang berada di Kabupaten Bogor. Kegiatan ini sengaja dimasukkan karena multimedia pembelajaran tersebut sasaran penggunanya (user) adalah siswa itu sendiri serta guru-guru di sekolah umum menengah tingkat atas.

2.       Latar Belakang Lomba

Sebagai usaha meningkatkan mutu dalam proses pembelajaran, diantaranya dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi, khususnya komputer. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan adanya produk multimedia pembelajaran berupa software pembelajaran.

Salah satu usaha pengadaan software pembelajaran tersebut adalah dengan melakukan lomba dengan sasaran peserta warga sekolah. Dengan harapan dapat mewadahi/apresiasi terhadap kreatifitas para warga sekolah, disamping mendekatkan produk pada pemakai yang seprofesi.

3.       Hasil Penilaian Dewan Juri

 

Setelah melalui berbagai kegiatan yang melelahkan, Minggu, 7  September 2008, kegiatan Final Penjurian dan Uji Coba Karya Finalis Lomba Pembuatan Multimedia Pembelajaran (LPMP) SMA tahun 2008 tersebut ditutup setelah pengumuman pemenang.

 

Semua perserta yang diundang ke Bogor tersebut mendapat penghargaan, berupa 9 kategori Emas, 4 kategori Perak dan 7 kategori Perunggu serta 9 kategori Harapan.

lomba_a

lomba_b

lomba_c

Penutup

 

Setelah pengumuman pemenang dan pemberian kenang-kenangan, para peserta check-out dari hotel dengan sejuta harapan agar tahun depan diadakan lagi lomba serupa dengan hadiah yang lebih besar lagi, untuk memacu adrenalin masing-masing peserta dalam berkarya.

 

Terima kasih Departemen Pendidikan Nasional.

 

 

Kontributor foto: Heru Suseno

 

–oo0oo–

7 thoughts on “Lomba Multimedia Pembelajaran 08

  1. Assalamu alakum…
    Saya sangat tertarik dengan lomba multimedia ini. Saya hanya usul apakah hasil karya para pemenang sudah dimasukkan ke internet sehingga kita guru yang sedikit gaptek ini bisa mendownload secara cuma-cuma?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s